Halaman

Rabu, 27 Maret 2013

Otot Dada



OTOT DADA
Otot bagian dada terdiri atas :
1.        Otot dada besar (muskulus pektoralis mayor).Pangkalnya terdapat di ujung tengah tulang selangka,tulang dada dan rawan iga.Fungsinya dapat memutarlengan ke dalam dan menengah lengan,menarik lengan melalui dada,merapatkan lengan ke dalam.
2.        Otot dada kecil (mukulus pektoralis minor).terdapat di bawah otot dada besar,berpangkal di iga III,IVdanV menuju ke proseus karokoid .Fungsinya menaikan tulang belikat dan menekan bahu .
3.        Otot bawah selangka (muskulus subklavikula).Terdapat di antara tulang selangka dan ujung iga I,bagian dada atas sebelah bawah os klavikula.Fungsinya menetapkan tulang selangka di sendi sebelah tulang dada dann menekan sendi bahu ke bawah dan ke depan .
4.        Otot gergaji depan (muskulus seratus anterior).Berpangkal di iga I sampai IX dan menuju ke sisi tengah tulang belikat,tetapi yang terbanyak menuju ke bawah .
5.        Otot dada sejati yaitu otot-otot sela iga luar dan otot-otot sela iga dalam.
Fungsinya mengangkat dan menurunkan iga waktu bernafas. Otot dada bagian dalam disebut juga otot dada sejati, yaitu otot dada yang membantu pernafasan terdiri dari:
-            Muskulus interkostalis eksternal dan internal terdapat di antara tulang-tulang iga. Fungsinya mengangkat dan menurunkan tulang iga ke atas dan ke bawah pada waktu bernafas.
-            Muskulus diafragmatikus, merupakan alat istimewa yang ti tengahnya mempunyai aponeurosis yang disebut sentrum tendineum. Bentuknya melengkung ke atas menghadap ke rongga toraks, mempunyai lubang tempat lalu aorta vena kava dan esofagus. Fungsinya menjadi batas antara rongga dada dan rongga perut. Kontraksi dan relaksasinya memperkecil serta memperbesar rongga dada waktu bernafas.


OTOT PERUT (ABDOMEN)
Terdiri atas :
1.      Muskulus abdominalis internal (dinding perut)
2.      Muskulus obliqus eksternus abdominis
3.      Muskulus obliqus internus abdominis
4.      Muskulus transversus abdominis






  1. Muskulus abdominis internal ( dinding perut )
Garis di tengah dinding perut di namakan lineaalba,otot sebelah luar (mukulusabdominis eksternal).otot yang tebal di namakan aponeurosis,membentuk kandung otot yang terdapat di sebelah kiri dan kanan linea itu .
     2.Muskulus apqlikus eksternus abdominis (lapisan sebelah luar sekali di bentuk otot miring luar )
Berpangkal pada iga V sampai iga yang bawah sekali.Serabut ototnya yang sebelah belakang menuju ke tepi tulang panggul (kristailiaka).serabut yang depan menuju linea alba.Serabut yang tengah memebentuk ikat yang berbentang dari spina iliaka anterior superior ke simfisis.
     3.Lapisan kedua di bawah otot di bentuk oleh otot perut dalam (M.obliqus internus abdominis ).Serabut miring menuju ke atas dan ke tengah . Aponeurosis terbagi 2 dan ikut membentuk kandung oto perut lururs sebeah depan dan belakang muskulus rektus abdominis,otot perut lurus mulai dari pedang rawan iga III di bawah menuju ke simfisis.Otot ini mempunyai 4 buah urat melintang..
    4.Mukulus tranversus abdominis , merupakan xifoid menuju artikel ke kosta III terus ke simfisis .Otot inin membentuk 4 buah urat yang bentuknya melintang di bungkus oleh muskulus rektus abdominis dan otot vagina.


Otot yang masuk ke dalam formasi bagian bawah dinding perut atau dinding abdominal posterior :
     1.muskulus poas ,terletak di belakang diafragma bagian bawah mediastinum,berhubungan dengan kuadratus lumborum di dalamnya terdapat arteri,vena dan kelenjar limfee
     2.Mukulus iliakas terdapat pada sisi tulang ilium,sebelah belakang berfungsi menopang sekum,dan sebelah dapan menyentuh kolon desendens .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar